PENGENALAN MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir, menghitung, menyediakan maupun menganalisa data-data dan mempresentasikannya ke grafik atau diagram. Kemudahan lain yang diperoleh dari program ini adalah terintegrasinya program Microsoft Excel dengan program aplikasi windows yang lain. Saat anda membuka Microsoft Excel maka sebuah buku kerja (Workbook) siap digunakan yang didalamnya terdapat beberapa lembar kerja (worksheet).
Lembar keja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns) dan 65536 baris (rows). Kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan berakhir pada 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell), misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.
Lembar keja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns) dan 65536 baris (rows). Kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan berakhir pada 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell), misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.
1.Memulai Program Microsoft Excel
Pilih menu Start à Program à Microsoft Excel. Atau klik shortcut yang terdapat pada layar Windows.
Pilih menu Start à Program à Microsoft Excel. Atau klik shortcut yang terdapat pada layar Windows.
2.Mengenal Tampilan komponen dasar Microsoft Excel
a.Menu Bar
Menu Bar berguna untuk menjalankan suatu perintah. Menu bar pada Microsoft Excel antara lain, File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows dan Help. Untuk dapat menjalankan menu dapat digunakan fasilitas mouse maupun keyboard. Khusus untuk penggunaan keyboard, tekan tombol Alt+Huruf pada menu yang bergaris bawah.
Contoh :
Tekan Alt+F untuk menjalankan menu File.
Tekan Alt+E untuk menjalankan menu Edit
Tekan Alt+V untuk menjalankan menu View dan seterusnya.
Untuk memodifikasi menu, klik Tools – Customize – pilih Tab Command, dalam kotak Categories, pilih New Menu untuk membuat menu baru. Lalu tarik menu baru tersebut ke bagian toolbar. Ketikkan nama yang diinginkan dengan tanda “&’” di bagian awal nama untuk menentukan garis bawah yang mempermudah dalam pemanggilan menu tersebut.
Menu Bar berguna untuk menjalankan suatu perintah. Menu bar pada Microsoft Excel antara lain, File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows dan Help. Untuk dapat menjalankan menu dapat digunakan fasilitas mouse maupun keyboard. Khusus untuk penggunaan keyboard, tekan tombol Alt+Huruf pada menu yang bergaris bawah.
Contoh :
Tekan Alt+F untuk menjalankan menu File.
Tekan Alt+E untuk menjalankan menu Edit
Tekan Alt+V untuk menjalankan menu View dan seterusnya.
Untuk memodifikasi menu, klik Tools – Customize – pilih Tab Command, dalam kotak Categories, pilih New Menu untuk membuat menu baru. Lalu tarik menu baru tersebut ke bagian toolbar. Ketikkan nama yang diinginkan dengan tanda “&’” di bagian awal nama untuk menentukan garis bawah yang mempermudah dalam pemanggilan menu tersebut.
b.Tool Bar
Fungsi toolbar adalah mempercepat proses yang dijalankan. Tampilan Toolbar yang ada merupakan toolbar relatif yang dapat disembuyikan atau ditampilkan. Untuk mengedit tampilan toolbar, klik menu Tools – Customize – pilih Tab Toolbar, lalu modifikasilah toolbar yang ada
.
c.Status Bar
Status Bar mempunyai dua area utama, yaitu Message Area pada bagian kiri dan kotak indikator pada bagian kanan. Ready merupakan pertanda bahwa Excel siap menerima perintah, sedangkan NUM mengindikasikan bahwa fungsi tombol-tombol angka pada bagian keypad di papan keyboard dalam kondisi aktif.
Fungsi toolbar adalah mempercepat proses yang dijalankan. Tampilan Toolbar yang ada merupakan toolbar relatif yang dapat disembuyikan atau ditampilkan. Untuk mengedit tampilan toolbar, klik menu Tools – Customize – pilih Tab Toolbar, lalu modifikasilah toolbar yang ada
.
c.Status Bar
Status Bar mempunyai dua area utama, yaitu Message Area pada bagian kiri dan kotak indikator pada bagian kanan. Ready merupakan pertanda bahwa Excel siap menerima perintah, sedangkan NUM mengindikasikan bahwa fungsi tombol-tombol angka pada bagian keypad di papan keyboard dalam kondisi aktif.
d.Title Bar
Title bar merupakan bagian yang berada paling atas lembar Excel. Dalam title bar terdapat beberapa komponen, antara lain :
Ø Icon Control Menu
Ø Restore, untuk mengatur ukuran layar dalam ukuran yang relatif.
Ø Move, untuk memindahkan posisi layar jendela ke posisi lain.
Ø Size, mengatur ukuran layar jendela Excel.
Ø Minimize, menampilkan jendela Excel ke ukuran minimal dalam bentuk icon.
Ø Maximize, menampilkan jendela Excel ke ukuran maksimal, yaitu memnuhi layar.
Ø Close, untuk keluar dari aplikasi Excel.
Title bar merupakan bagian yang berada paling atas lembar Excel. Dalam title bar terdapat beberapa komponen, antara lain :
Ø Icon Control Menu
Ø Restore, untuk mengatur ukuran layar dalam ukuran yang relatif.
Ø Move, untuk memindahkan posisi layar jendela ke posisi lain.
Ø Size, mengatur ukuran layar jendela Excel.
Ø Minimize, menampilkan jendela Excel ke ukuran minimal dalam bentuk icon.
Ø Maximize, menampilkan jendela Excel ke ukuran maksimal, yaitu memnuhi layar.
Ø Close, untuk keluar dari aplikasi Excel.
e.Formula Bar
Formula bar berfungsi untuk memasukkan, memperbaiki, dan juga dapat menampilkan data atau rumus pada sel yang sedang aktif. Untuk memperbaiki data atau rumus adalah dengan cara mengklik atau menekan tombol F2.
Formula bar berfungsi untuk memasukkan, memperbaiki, dan juga dapat menampilkan data atau rumus pada sel yang sedang aktif. Untuk memperbaiki data atau rumus adalah dengan cara mengklik atau menekan tombol F2.
3.Petunjuk Sel (Cell Pointer)
Untuk memindahkan penunjuk sel ke posisi yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel yang dituju.
Jika posisi sel berada diluar tampilan jendela, maka kita dapat menggunakan fasilitas scrollbar, baik yang vertikal maupun yang horisontal untuk menjangkau sel yang dimaksud.
Untuk memindahkan penunjuk sel ke posisi yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel yang dituju.
Jika posisi sel berada diluar tampilan jendela, maka kita dapat menggunakan fasilitas scrollbar, baik yang vertikal maupun yang horisontal untuk menjangkau sel yang dimaksud.
4.Kotak Dialog Microsoft Excel
Elemen-elemen yang terdapat pada kotak dialog dalam Microsoft Excel antara lain:
*Tombol Daftar Pilihan yang berfungsi menampilkan daftar pilihan perintah.
*Kotak Cek, digunakan untuk memilih alternatif perintah yang disediakan.
*Tombol pilihan, fungsinya sama dengan kotak cek tapi penggunaannya dengan menekan tombol tersebut.
*Kotak Isian, digunakan agar kita dapat mengetikkan suatu tulisan
*Tab, digunakan untuk menampilkan pilihan lain dalam kotak dialog.
*Kotak daftar pilihan, berisi beberapa perintah yang ditampilkan dalam bentuk daftar. Jika daftar tersebut banyak, maka dapat digunakan scrollbar.
*Tombol pemilihan range, digunakan untuk memilih sel atau range
Elemen-elemen yang terdapat pada kotak dialog dalam Microsoft Excel antara lain:
*Tombol Daftar Pilihan yang berfungsi menampilkan daftar pilihan perintah.
*Kotak Cek, digunakan untuk memilih alternatif perintah yang disediakan.
*Tombol pilihan, fungsinya sama dengan kotak cek tapi penggunaannya dengan menekan tombol tersebut.
*Kotak Isian, digunakan agar kita dapat mengetikkan suatu tulisan
*Tab, digunakan untuk menampilkan pilihan lain dalam kotak dialog.
*Kotak daftar pilihan, berisi beberapa perintah yang ditampilkan dalam bentuk daftar. Jika daftar tersebut banyak, maka dapat digunakan scrollbar.
*Tombol pemilihan range, digunakan untuk memilih sel atau range
5.Membuka Workbook Baru
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a.Pilih menu File – New (Ctrl+N) atau klik icon lembar kosong pojok kiri atas pada toolbar.
b.Pada kotak dialog New tersebut, klik tab General.
c.Jika ingin membuka workbook yang telah disusun dengan format tertentu bisa menggunakan tab Spreadsheet Solutions atau Bussiness Planner Template.
d.Pilih format yang diinginkan dengan mengklik pada file yang ditampilkan, dan lihat contoh tampilannya pada Preview.
e.Setelah menentukan file yang dimaksud klik OK dan lihat hasilnya!
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a.Pilih menu File – New (Ctrl+N) atau klik icon lembar kosong pojok kiri atas pada toolbar.
b.Pada kotak dialog New tersebut, klik tab General.
c.Jika ingin membuka workbook yang telah disusun dengan format tertentu bisa menggunakan tab Spreadsheet Solutions atau Bussiness Planner Template.
d.Pilih format yang diinginkan dengan mengklik pada file yang ditampilkan, dan lihat contoh tampilannya pada Preview.
e.Setelah menentukan file yang dimaksud klik OK dan lihat hasilnya!
6.Cara memasukkan data
Untuk memasukkan data kedalam lembar kerja yang telah anda buka, langkahnya sebagai berikut:
1.Bukalah lembar kerja baru
2.Ketikkan data berikut ini : Daftar nilai siswa pelajaran Biologi pada alamat sel A1, No Urut pada alamat sel A3 , No. Induk pada alamat sel B3, Nama Siswa pada alamat sel C3 dan Tugas I pada alamat sel D3. Kemudian isikan data Sehingga tampak sebagai berikut :
Untuk memasukkan data kedalam lembar kerja yang telah anda buka, langkahnya sebagai berikut:
1.Bukalah lembar kerja baru
2.Ketikkan data berikut ini : Daftar nilai siswa pelajaran Biologi pada alamat sel A1, No Urut pada alamat sel A3 , No. Induk pada alamat sel B3, Nama Siswa pada alamat sel C3 dan Tugas I pada alamat sel D3. Kemudian isikan data Sehingga tampak sebagai berikut :
7.Menyimpan Buku Kerja (Workbook)
a.Pilih menu File – Save (Ctrl+S). Atau gunakan Alt+F2 atau dengan menekan icon pada toolbar.
b.Pada kotak dialog Save In, tentukan tempat yang dipakai untuk menyimpan.
c.Pada kotak isian, ketikkan nama file. Jika kita menuliskan nama file tanpa menulis“.xls” dibelakangnya, maka Excel akan menyimpannya langsung sebagai file Excel.
a.Pilih menu File – Save (Ctrl+S). Atau gunakan Alt+F2 atau dengan menekan icon pada toolbar.
b.Pada kotak dialog Save In, tentukan tempat yang dipakai untuk menyimpan.
c.Pada kotak isian, ketikkan nama file. Jika kita menuliskan nama file tanpa menulis“.xls” dibelakangnya, maka Excel akan menyimpannya langsung sebagai file Excel.
8. Menu Help
Ketika terdapat kesulitan dalam mengoperasikan Microsoft Excel, maka terdapat fasilitas Help yang dapat digunakan untuk membantu permasalahan yang ada.
Untuk menjalankan fasilitas Help, klik menu Help – Microsoft Excel Help (F1)
Office Assistant beserta kotak dialog. Lalu tentukan permasalahan yang dihadapi. Jika pada kotak dialog terdapat permasalahan tersebut maka kilk pada butir permasalahan yang ada. Jika tidak, maka ketikkan kata
kunci/topik permasalahan pada kotak isian dan tekan search.Untuk menampilkan Office Assistant :Klik menu Help – Show the Office Assistant.
Untuk menyembunyikannya, klik kanan pada Office Assistant – pilih Hide Sedangkan untuk menggantiya dengan asisten yang lain, klik kanan – Choose Assistant.
Ketika terdapat kesulitan dalam mengoperasikan Microsoft Excel, maka terdapat fasilitas Help yang dapat digunakan untuk membantu permasalahan yang ada.
Untuk menjalankan fasilitas Help, klik menu Help – Microsoft Excel Help (F1)
Office Assistant beserta kotak dialog. Lalu tentukan permasalahan yang dihadapi. Jika pada kotak dialog terdapat permasalahan tersebut maka kilk pada butir permasalahan yang ada. Jika tidak, maka ketikkan kata
kunci/topik permasalahan pada kotak isian dan tekan search.Untuk menampilkan Office Assistant :Klik menu Help – Show the Office Assistant.
Untuk menyembunyikannya, klik kanan pada Office Assistant – pilih Hide Sedangkan untuk menggantiya dengan asisten yang lain, klik kanan – Choose Assistant.
9.Menutup Aplikasi Microsoft Excel
Ketika selesai dengan Excel, kita dapat mengakhirinya dengan langkah berikut :
a.Pilih menu File – Close
b.Klik tombol X pada pojok kanan jendela.
Ketika selesai dengan Excel, kita dapat mengakhirinya dengan langkah berikut :
a.Pilih menu File – Close
b.Klik tombol X pada pojok kanan jendela.
RUMUS DAN FUNGSI
Bekerja dengan Rumus dan Fungsi
Operator | Keterangan |
= (sama dengan) | Digunakan paling depan sebelum melakukan perhitungan |
^ (perpangkatan) | Simbol untuk melakukan perpangkatan |
/ (pembagian) | Simbol untuk melakukan pembagian |
* (perkalian) | Simbol untuk melakukan perkalian |
+ (penjumlahan) | Simbol untuk melakukan penjumlahan |
- (pengurangan) | Simbol untuk melakukan pengurangan |
; (titik koma) | Simbol untuk pembatas antar rumus |
, (koma) | Simbol untuk pembatas antar rumus |
( (kurung buka) | Simbol awal dari sekelompok rumus |
) (kurung tutup) | Simbol akhir dari sekelompok rumus |
Fungsi Statistik
SUM | Menjumlahkan data dalam suatu range |
AVERAGE | Menghitung nilai rata-rata dari suatu range |
MAX/MIN | Menghasilkan nilai terbesar/terkecil dari suatu range |
COUNT | Menghitung jumlah data dari suatu range |
Fungsi Matematika
ABS | Menghasilkan nilai absolute |
UNT | Membulatkan bilangan ke bilangan genap terdekat |
ROUND | Membulatkan bilangan decimal yang ditentukan |
EVEN | Membulatkan bilangan genap terdekat ke atas |
ROUNDOWN | Membulatkan suatu bilangan ke bawah |
ROUNDUP | Membulatkan suatu bilangan ke atas |
SQRT | Menghasilkan akar kuadrat |
COUNTA | Menghitung sel tak kosong pada suatu range |
COUNTIF | Menghasilkan jumlah data dalam dalam suatu range menurut criteria |
RANK | Mengurutkan posisi tingkatan dari suatu bilangan |
MOD | Menghasilkan sisa pembagian |
Fungsi String
Left (teks,n karakter) | Untuk mengambil huruf sebanyak n karakter dari kiri |
Right (teks, posisi awal, n karakter) | Untuk mengambil huruf sebanyak n karakter dari kanan |
Mid (teks, posisi awal, n karakter) | Mengambil huruf dari posisi tertentu |
Lower (teks) | Mengubah huruf kecil menjadi huruf besar |
Upper (teks) | Mengubah huruf besar menjadi huruf kecil |
Fungsi Logika
Bentuk Umum Fungsi Logika
=IF (A,B,C)
A, Persyaratan yang akan diuji
B, Apabila kondisi uji benar
C, Apabila kondisi uji salah
Fungsi Tabel
Fungsi Vlookup, digunakan untuk pembacaan table yang disusun secara vertical
Bentuk Umum Fungsi Vlookup
=Vlookup(Lookup_value, table_array, col index_num, range_lookup)
Fungsi Hlookup, digunakan untuk pembacaan table yang disusun secara horizontal
Bentuk Umum Fungsi Hlookup
=Hlookup(Lookup_value, table_array, row index_num, range_lookup)
0 komentar:
Posting Komentar